DIY CAMERA KABIN MESIN PEMANTAU FAN RADIATOR, BANJIR dsb.

Kamera mundur yang berfungsi melihat kondisi belakang mobil saat parkir bukan suatu hal yang baru lagi dan sudah menjadi standard perlengkapan safety untuk mobil masa kini.
Tapi camera pengintai kabin mesin rasanya cukup perlu juga dipasang sebagai perlengkapan safety saat mobil digunakan.
Ada beberapa fungsi yang bisa kita pantau jika memasang camera tersebut, diantaranya :
1.   FAN.
Fungsinya memantau pergerakan Fan pendingin radiator, apakah masih berfungsi normal atau tidak.

2.   AC.
Saat jalan kita menyadari suhu ruang kabin mobil terasa tidak sejuk, padahal Tombol AC sdh di on kan dengan setelan kondisi dingin. Dengan kamera tersebut kita dapat melihat magnet clutch bekerja normal atau tidak bekerja.

3.   BANJIR.
Genangan air/banjir tidak memilih daerah tertentu yang rendah MPDL (meter permukaan diatas laut) pada saat ini, di wilayah Jakarta Selatan dan Bandung sekalipun yang cukup tinggi MPDL nya tetap saja tidak luput dari banjir.
Dengan camera yang terpasang dalam kabin mesin dapat membantu untuk memantau ketinggian air yang masuk dalam kabin mesin, sehingga kita dapat mencari alternatif jalan yang tidak terlalu dalam digenangi air.

4.   ASAP/KEBAKARAN.
Camera ini juga bisa membantu melihat jika terjadi korsleting listrik yang menimbulkan asap dan api, sehingga kita dengan sigap untuk cepat menepikan kendaran dan bertindak untuk melakukan pemutusan aliran listrik yang disuplai dari accu.

5.   BINATANG.
Terkadang binatang kesayangan seperti kucing masuk kedalam kabin mesin yang dapat menyebabkan kematian yang sangat tragis jika pemilik kendaraan menyalakan mesinnya.

CARA PEMASANGAN :
Pemasangan kamera tersebut kita hubungkan dengan perangkat audio yang ada di mobil. Jika sudah terpasang Head Unit Double Din (HU2D) kita bisa memanfaatkan ada 2 kabel output dari HU2D yakni :

1.   Camera In/R Camera/R Cam/Cam V
Kabel video ini biasanya digunakan untuk kamera mundur (Rear Camera), yang bekerja secara otomatis jika memindahkan gigi R akan cepat sekali reaksi HU untuk menampilkan gambar atau video kamera mundur. Walaupun kondisi HU dalam kondisi OFF akan tetap aktif untuk menampilkan gambar/video tersebut secara langsung.

Output video kamera mundur dan kamera kabin mesin dapat digabungkan kabel videonya ke kabel Camera in, dengan syarat menambahkan saklar On/Off dan Relay kaki 5  agar video dapat terlihat dengan jelas dan tidak bertumpang tindih penampilan gambar/videonya. Rangkaian kabelnya seperti gambar berikut.

Rangkain diatas cara kerjanya sbb :
1.   Jika Saklar ON, akan mengaktifkan kamera kabin mesin.
2.   Jika saklar OFF, akan mengaktifkan kamera mundur jika posisi Persnleing pada posisi R.

Rangkaian Gbr tersebut diatas juga dapat dirubah, dengan mengganti saklar menjadi lampu Mundur atau relay mundur, jadi pada saat kamera mundur tidak digunakan, secara otomatis HU akan selalu menampilkan video kabin mesin.

2.   AUX IN/Video in
Kabel AUX IN pada HU juga dapat dimanfaatkan sebagai video camera kabin mesin, hanya kekurangannya jika kita menyetel aux in maka mpg3 saat menyetel lagu akan langsung tidak dapat berfungsi.

Sangat berbeda jika menggunakan kabel output Camera In sebagai input video kamera pemantau, maka mpg3 saat menyetel lagu akan tetap berjalan dua arah alias dapat digunakan bersama sama… ya mpg3 nya dan video kamera pemantau.

Pemasangannya sangat mudah, hanya menyambungkan kabel video berwarna kuning langsung di sambungkan ke socket video Aux in.

SEO : xenia, daihatu xenia, daihatsu xenia indonesia, daihatsu xenia indonesia club

Original TS by :

Offline Tuff Musamma

  • DXIC 0403
  • One Pleasure One Family – Xenia to be the ONE

Leave a Reply